PPMB & Donasi Alumni PBI

Agar mahasiswa baru dapat segera beradaptasi dan berkiprah di ‘rumah baru’ atau mereka setiap tahun UKI menyelenggarakan Program Pembinaan Mahasiswa Baru (PPMB). Program ini dilakukan untuk memperkenalkan UKI secara berjenjang, mulai dari tingkat rektorat, biro-biro pendukung, fakultas dan program studi. Pada Tahun Akademik 2017/2018 ini, PPMB dilaksanakan mulai tanggal 21 hingga 26 Agustus 2017.

Setelah mahasiswa diperkenalkan dengan sistem dan unit-unit yang melayani di tingkat rektorat pada tanggal 21 dan 23, serta sistem dan pelayanan di fakultas pada tanggal 24, maka pada tanggal 25 Agustus 2017 setiap mahasiswa baru mengikuti kegiatan orientasi di tingkat program studi.

Aktivitas orientasi di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) diawali dengan perkenalan antara mahasiswa baru dengan kaprodi dan dosen-dosen yang melayani di PBI. Setelah itu dilakukan diskusi tentang strategi dan teknik pembelajaran yang efektif di PBI. Para dosen PBI yang menjadi narasumber dalam diskusi itu menguraikan dan mendemonstrasikan berbagai tip pembelajaran serta mendorong mahasiswa baru agar senantiasa proaktif dalam pembelajaran. Dalam diskusi yang berlangsung sejak pukul 08:00 hingga 12:00 itu juga disajikan pengenalan terhadap blended learning, metode pembelajaran yang diimplementasikan dalam berbagai mata kuliah.

“Kita sangat berharap agar mahasiswa baru tidak ragu-ragu lagi dalam mengikuti pembelajaran dan aktivitas lainnya sejak hari pertama perkuliahan. Mereka juga diharapkan dapat segera menerapkan strategi dan teknik pembelejaran yang pas dengan setiap mata kuliah yang diikuti,” kata Pak Horas Hutabarat, Kaprodi PBI FKIP UKI.

Setelah istirahat dan makan siang, pada pukul 13:00 PPMB berlanjut dengan “knowledge sharing” bersama alumni PBI. Dalam kesempatan ini, ketua, sekretaris, dan bendahara alumni PBI FKIP UKI turut hadir bersama 3 alumni lain yang berkiprah dalam profesi berbeda. Selain menguraikan pengalaman masing-masing sewaktu kuliah di PBI, keenam perwakilan alumni itu juga membagikan pengalaman mereka meniti karir. Timson simanullang, yang saat ini bekerja di the British School Jakarta dan sekaligus sebagai pendiri serta pemilik dua sekolah nasional plus menekankan, bahwa sejak awal, tiap mahasiswa harus memiliki mimpi untuk diwujudkan. “Bermimpilah sebesar dan setinggi mungkin. Lalu, rancang tindakan atau aksi yang dari hari ke hari semakin mendekatkan kalian kepada mimpi itu,” pungkas, Timson. Saraswati, alumni yang baru saja menyelesaikan studi S-3, mengatakan bahwa mahasiswa harus terus belajar. Jangan pernah berhenti mengembangkan wawasan dan memperdalam pengetahuan.

Kehadiran alumni dalam PPMB 2017 ini menjadi semakin seru karena mereka menjelaskan bahwa sejak sebulan yang lalu beberapa alumni mengajukan pengumpulan dana sukarela untuk diberikan kepada PBI. Ketika akan menyerahkan bantuan tersebut secara simbolik kepada Pak Dekan, Parlindungan Pardede, untuk diteruskan kepada PBI, Veronika, ketua Alumni PBI saat ini, menjelskan, “Menurut Pak Anggiat, PBI akan sangat terbantu jika alumni dapat menolong pengadaan perangkat laptop dan LCD. Oleh karena itu, dari dana yang terkumpul hingga minggu lalu, kami sepakat untuk membantu memberikan 1 unit laptop dan dua unit LCD portable.”

Dalam kesempatan itu juga diserahkan sumbangan dana. “Kami juga sepakat untuk menyerahkan sisa dana yang telah terkumpul kepada PBI. Dana ini dapat digunakan untuk mendukung program-program PkM atau kemahasiswaan PBI. Dana yang bisa kami serahkan saat ini sebesar Rp. 7.000.000. Kita harapkan, para alumni dapat membantu lebih besar di masa yang akan datang,” kata Veronika.

Dalam sambutannya setelah menerima bantuan alumni tersebut secara simbolis, Pak Dekan menyampaikan terima kasih dan perasaan bangga kepada para alumni PBI. “Saya beberapa kali memperoleh informasi bahwa Himpunan Mahasiswa PBI telah memperoleh bantuan dana dari beberapa alumni dalam penyelenggaraan lomba-lomba dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Ternyata peberian bantuan saat itu ditingkatkan jumlah dan bentuknya. Semoga para alumni PBI semakin sukses dan terberkati,” tandas Pak Dekan.

Seusai acara “knowledge sharing” dengan alumni yang berlangsung hingga pukul 15:00, acara PPMB dilanjutkan dengan pengenalan terhadap Himpunan Mahasiswa PBI, sistem dan program-programnya. Kegiatan PPMB berakhir pada pukul 17:30, yang ditandai dengan ibadah penutupan.

Selamat datang di PBI UKI, mahasiswa baru 2017!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.