Program “Got Talent” ala Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris UKI

Siapa yang tidak tahu program Got Talent, pertunjukan televisi untuk menjaring bakat yang pertama kali diluncurkan di Inggris dan  hak ciptanya dimiliki oleh SYCOtv company milik Simon Cowell? Saking populernya program itu, sudah sekitar 60 negara menyelenggarakannya. Di Indonesia, program itu diadopsi menjadi Indonesia Mencari Bakat (IMB). Format Got Talent memang sangat menarik dijadikan ajang pencarian bakat, bukan hanya di bidang seni suara, musik, tari, tapi juga berbagai bidang lainnya.

egt-2Mengadopsi program Got Talent, pada tanggal 3 November 2017’ Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI menggelar ajang pencarian bakat di kalangan mahasiswa. Acara yang berlangsung  di Ruang Seminar UKI Kampus Cawang itu berlangsung tak kalah seru dengan IMB atau American Got Talent.

Dalam acara itu, puluhan peserta  memperagakan kebolehan mereka, baik secara perorangan maupun kelompok. Sebagian menampilkan suara-suara merdu lewat lagu, sebagian lagi melalui tarian, kemahiran memainkan alat musik, sulap, musikalisasi puisi, drama musikal hingga story-telling dan komedi (stand up). Komentar-komentar para juri yang ditugaskan tak kalah “heboh” dengan  juri di program televisi professional. Para supporter juga tak kalah gokill dengan supporter di TV. Begitu penampilan teman atau jagoan masing-masing selesai, tepuk tangan dan yel-yel membahana memenuhi ruangan.egt-3

“Tujuan kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat mengembangkan serta menggali lebih jauh potensi, minat, dan bakat yang dimiliki di luar bidang akademik,” ucap Grace, Ketua Pantia’ dalam sambutan pembukaan. “Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat memberi hiburan kepada semua sivitas akademika di sela-sela kesibukan masing-masing, baik sebagai mahasiswa maupun sebagai Dosen,” imbuh Grace.

Unsur hiburan tersebut sangat terasa dengan adanya penampilan beberapa dosen menunjukkan kebolehan mereka. Meski hanya sebagai “bintang tamu”, gaya mereka juga cool abisss!. Games dan penarikan nomor undian doorprize yang dilakukan secara begitu menarik benar-benar membuat acara ini meriah.egt-5

Yohana Dithalia, salah satu peserta yang menampilkan bakat story-tellingdengan luar biasa epic mengungkapkan rasa bahagianya karena dirinya telah berhasil meraih juara pertama. Ia pun menuai banyak pujian dari teman-teman nya hingga para juri yang menilai penampilannya.  Ia tidak menyangka bahwa ia akan meraih hasil terbaik itu karena selama latihan banyak sekali kendala yang dihadapi, walau ini bukan penampilan pertamanya dalam story-telling. Namun, dengan latihan yang cukup keras, ia pun sukses meraih harapannya dengan memberikan tampilan yang totalitas.

Salah seorang Pembina HMPS, Bapak Henrikus Male mengatakan, “kegiatan semacam ini baik dilakukan sebagai cara menemukan bakat-bakat mahasiswa untuk kemudian dikembangkan melalui kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Selain untuk mengembangkan bakat, kegiatan ini dapat memupuk rasa percaya diri mahasiswa. Tim Panitia pun, secara langsung telah mengasah kemampuan manajemen mereka sewaktu mempersiapkan acara ini dari awal sampai akhir.”

egt-4-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.