Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI Gelar Speech and Storytelling Contest 2018

Sepanjang hari Kamis, 1 November 2018, Kampus UKI Cawang, khususnya di sekitar Gedung FKIP terlihat lebih semarak dibanding hari-hari biasa. Pada hari itu ratusan siswa SLTA se Jabodetabek menghadiri kegiatan Speech and Storytelling Contest yang dipusatkan di Video Conference Room dan Laboratorium Micro Teaching.

Dalam sambutannya, Dr. Lamhot Naibaho, M.Pd., selaku koordinator pelaksana mengungkapkan kegiatan ini merupakan even tahunan yang diselenggarapan Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UKI sebagai salah satu wujud pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini dirancang untuk memfasilitasi pengembangan kemahiran berbicara generasi muda, khususnya siswa/i SLTA dalam Bahasa Inggris di depan publik. Lomba kali ini diikuti oleh 41 peserta speech contest dan 30 peserta storytelling contest dari 37 SLTA dari berbagai wilayah di Jabodetabek.

1.jpeg

“Selain untuk memfasilitasi pengembangan kemampuan berbahasa Inggris, kegiatan lomba ini juga diharapkan dapat mendorong peserta meningkatkan kemampuan meneliti. Untuk mendukung ide ide yang diapaparkan dalam pidato mereka, peserta harus melakukan research” tutur Henrikus Male, M.Hum, Kaprodi pendidikan Bahasa Inggris. “Sedangkan melalui kontes story telling, peserta didorong mengapresiasi karya sastra dan sekaligus meningkatkan kreativitas. Dalam lomba story telling ini, peserta diwajibkan melengkapi diri dengan kostum dan media yang relevan untuk mendukung penampilan bercerita,” imbuh Pak Henrikus.

Lomba yang sepenuhnya dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Inggris ini berlangsung dalam dua babak. Mulai pukul 08:30 hingga pukul 13:00 peserta mengikuti babak penyisihan yang menghasilkan 10 finalis untuk masing-masing lomba. Seluruh dinalis kemudian berkompetisi untuk menentukan pemenang 1, 2, 3 dan harapan  untuk masing-masing kategori lomba.

Adapun pemenang lomba speech adalah sebagai berikut:2

  • Juara 1 = Nimas Ulinar Damessa Sinaga (Binus School Bekasi)
  • Juara 2 = Athar Raihan Muhammad (SMAN 99 Jakarta)
  • Juara 3 = Algracia Vanessa Halim (SMA Yadika 8)
  • Juara 4 = Lidwina Pricilia (SMAN 93 Jakarta)

 

Sedangkan pemenang lomba storytelling adalah:

3

  • Juara 1 = Dyandra Charismiadji (Binus School Bekasi)
  • Juara 2 = Anjani Elmawati (SMA Angkasa 1)
  • Juara 3 = Agnes Pangalila (SMAS Dharma Putra Advent)
  • Juara 4 = Fahlevi Reza (SMA Yadika 8)

 

Selamat kepada para pemenang secara khusus dan seluruh peserta secara umum. Semoga pengalaman ketika mengikuti lomba ini membantu Anda semua dalam mengembangkan kompetensi diri. [EED UKI]

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.