Pilihan Guru Abad-21: Memanfaatkan Teknologi atau Dikalahkan Teknologi

Parlindungan Pardede

parlpard2010@gmail.com

Merasuknya teknologi ke dalam semua ranah kehidupan saat ini telah membuat manusia akan kesulitan hidup tanpa teknologi. Kemanapun pandangan diarahkan, orang melibatkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sewaktu beraktivitas, bekerja, berkomunikasi, bersosialisasi, mengakses berita atau menikmati hiburan. TIK bahkan telah merasuk begitu massif ke dalam pembelajaran. Saat ini para pelajar di hampir semua jenjang pendidikan lebih cenderung memperoleh informasi dari gadget dibandingkan dari buku teks. Mereka juga lebih suka membuat dan menyerahkan tugas secara online. Bagi pelajar saat ini, kehidupan tanpa TIK  merupakan kehidupan abnormal!. Oleh karena itu, untuk menyelenggarakan pembelajaran yang efektif bagi mereka, guru perlu memanfaatkan TIK sebagai sarana pembelajaran dan sekaligus  media pengembangan  kompetensi. Esai ini memaparkan empat manfaat penggunaan TIK dalam pembelajaran untuk memperlihatkan mengapa guru wajib menggunakannya.

Pertama, TIK sangat efektif digunakan sebagai sarana bagi guru untuk menyiapkan, menyediakan dan mengembangkan konten pembelajaran. Salah tugas utama guru adalah menyediakan konten (informasi, data, dan kemahiran) berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Dengan teknologi, tugas ini dapat dilakukan secara efektif, karea guru tidak perlu lagi menulis dan menyusun materi pembelajaran. Guru juga tidak perlu repot menyiapkan ilustrasi atau media. Hampir semua konten akademis dan media pembelajaran telah tersedia dalam berbagai bentuk (teks, gambar, audio, video) dan dapat diakses dengan mudah dan gratis di jaringan internet. Di pihak lain, siswa dapat mengakses konten itu kapan saja dan dari mana saja.

Tugas evaluasi dan pemberian umpan balik, juga dapat dilakukan secara efektif dengan menggunakan teknologi. Dengan TIK, evaluasi dapat dibuat dalam bentuk kuis yang variatif maupun dalam bentuk esai melalui google docs. Hasil evaluasi tersebut biasanya langsung tersimpan secara otomatis, sedangkan umpan baliknya dapat diterima setiap siswa secara real time dan personal, sehingga dia dapat menggunakannya untuk memperbaiki kekurangan dan meningkatkan capaian pembelajaran. Kemudahan untuk menyediakan konten dan mengevaluasi pembelajaran ini membuat guru dapat mencurahkan lebih banyak waktu untuk merancang pengalaman belajar yang interaktif dan inovatif atau memberikan perhatian ekstra dan intensif kepada siswa yang membutuhkan.

Teknologi juga memfasilitasi guru untuk membangun keterampilan sosial dan emosional siswa, atau softskills. Pendidikan pada hakikatnya tidak terbatas hanya pada upaya memberdayakan siswa untuk menguasai konsep dan keterampilan teknis. Pendidikan juga perlu juga mengembangkan softskills, seperti kerjasama, ketekunan, manajemen waktu, pemikiran kritis, kreativitas dan metakognisi. Semua keterampilan ini diperlukan untuk sukses dalam kehidupan. Sayangnya softskills sering terabaikan karena waktu guru tersedot oleh tugas-tugas administratif, seperti membuat silabus, menyiapkan konten, melaksanakan evaluasi, dan manajemen kelas. Untuk mengatasi masalah ini, teknologi dapat membantu dengan dua cara. Pertama, perangkat teknologi menyediakan sarana bagi guru untuk mengirimkan pesan-pesan motivasi yang menguatkan siswa sehingga dia lebih gigih untuk terus berjuang ketika bergumul dengan tugas-tugas yang sulit dalam pembelajaran. Fitur-fitur teknologi juga dapat digunakan untuk berbagi dan berkolaborasi antar siswa.  Kedua, karena teknologi telah mengambil alih banyak tugas administratif, guru memiliki kesempatan, ruang dan waktu untuk membangun softskills siswa.

Manfaat keempat pemanfaatan teknologi adalah kemampuan menjangkau siswa di berbagai tempat dengan jarak yang tidak terbatas. Kecanggihan TIK saat ini memungkinkan penyelenggaraan pembelajaran yang dapat diikuti banyak siswa dengan biaya yang relatif rendah. Menurut informasi, Khan Academy mampu melayani 8 juta siswa di tahun 2016 dan 12 juta siswa di tahun 2017 Hanya bermodalkan komputer, laptop, tablet, atau smartphone yang terhubung dengan jaringan internet, pembelajaran dapat dilakukan kapan dan dari mana saja. selain itu, pembelajaran juga terlaksana tanpa menggunakan kertas dan tinta.

Keempat manfaat yang luar biasa tersebut, jelaslah bahwa penundaan, apalagi penolakan, menggunakan TIK dalam pembelajaran sangat merugikan. Teknologi tidak hanya sarana yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran tetapi juga sarana untuk memajukan kompetensi. Teknologi memang hanya sebuah alat yang tidak dapat menggantikan peran guru yang hebat (hanya guru yang hebat, lho!). Untunglah masyarakat tidak diharuskan memilih antara guru dan teknologi.  Tapi para pendidik dan calon pendidik dihadapkan pada pilihan menggunakan teknologi untuk mendukung mereka menjadi pendidik yang hebat, atau mengabaikan teknologi hingga mereka menjadi guru yang tidak kompeten memenuhi tantangan zaman. Jika para pendidik memilih yang kedua, masyarakat tidak dapat disalahkan jika mereka lebih memilih untuk belajar dengan teknologi daripada dengan pendidik (yang tidak kompeten)!  [5 November 2018]

Apa pendapat Anda? Silahkan share padabagaian komentar di bawah ini.

3 Comments

  1. According to me, technology is basic needs in this era. With technology, learning and teaching activities will be easier.
    As we know, education also needs to develop soft skills, such as cooperation, perseverance, time management, critical thinking, creativity and metacognition. All of these skills are needed for success in life. Unfortunately soft skills are often overlooked because when teachers are sucked in by administrative tasks, such as making syllabi, preparing content, carrying out evaluations, and class management.
    The use of technology is so much, behind that, there is an impact if we depend on technology.the negative impact of the internet not only affects students, but also on educators.

    I have a link about technology for learning

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.