Silabus Pelatihan Menulis Esai (PME) Daring

Parlindungan Pardede

parlpard2010@gmail.com

Univesitas Kristen Indonesia

Dokumen PDF

Deskripsi PME

Pelatihan ini dirancang untuk memampukan peserta menulis esai dengan penekanan pada tipe esai akademik. Setelah menyelesaikan pelatihan ini, peserta mampu: (1) menjelaskan hakikat, tipe, kegunaan, struktur, unsur, dan proses penulisan esai; (2) membuat alinea pengantar dengan kalimat tesis yang efektif; (3) membuat alinea isi dengan kalimat topik dan kalimat-kalimat pendukung yang baik; (4) membuat alinea kesimpulan yang efektif; dan (5) menghasilkan satu esai untuk setiap tipe esai: deskriptif, naratif, ekspositori, persuasive, dan reflektif.

Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam rangka mengembangkan kemahiran menulis akademis yang sangat dibutuhkan dalam mengikuti setiap perkuliahan. Pelatihan ini juga bermanfaat bagi guru untuk mempersiapkan bahan pembelajaran maupun memfasilitasi siswa masing-masing mengembangkan kemampuan menulis. Selain bagi mahasiswa dan guru, pelatihan ini juga bermanfaat bagi siapa pun yang ingin meningkatkan keterampilan menulis.

Sistem Pelatihan

Pelatihan ini didisain dalam bentuk pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online dalam waktu tujuh minggu, dengan estimasi 3 hingga 6 jam/minggu, sesuai dengan kondisi peserta. Interaksi pelatihan diselenggarakan melalui Edmodo sebagai LMS (learning management system). Dengen demikian, komunikasi, distribusi materi, pengerjaan kuis, penyerahan tugas, dan diskusi dilaksanakan dalam Edmodo. Khusus untuk pembimbingan penulisan, diskusi dan pemberian feedback dilakukan dengan memanfaatkan Google Docs sehingga semua pihak yang terlibat dapat membuat catatan atau mengedit sebuah naskah yang didiskusikan. Semua interaksi pelatihan dilakukan secara asynchronous, tidak real time. Dengan demikian, aktivitas pelatihan sebuah sesi dapat dilakukan oleh peserta kapan saja asalkan tidak melewati batas waktu seminggu. 

Skenario Umum Pelatihan

Secara umum, setiap sesi pelatihan ini dilaksanakan dalam waktu satu minggu dengan prosedur berikut:

  1. Instruktur mendistribusikan modul yang berisikan materi untuk dipelajari oleh peserta secara mandiri.
  2. Jika dipandang perlu, sewaktu mempelajari modul, peserta dapat mengajukan pertanyaan atau menginisiasi diskusi dengan peserta lain dan instruktur.
  3. Setelah menguasai isi modul, peserta mengerjakan kuis terkait untuk mengukur penguasaan konsep (isi modul).
  4. Peserta mengerjakan tindak-lanjut (follow-up activities)

Jadual Pelatihan

Kebutuhan

Agar dapat mengikuti pelatihan daring (online) ini, peserta wajib memiliki:

  1. Akun Edmodo (sebagai siswa)
  2. Akun email (untuk komunikasi awal)
  3. Akun Google Drive (sebagai sarana berbagi dan mengedit google docs).
  4. Akses ke internet dengan desk computer, laptop, atau ipad. Melakukan pelatihan melalui mobile phone tidak disarankan karena tampilan melalui gadget ini relatif kecil dan cenderung memperlambat aktivitas pembelajaran. Meskipun demikian, mobile phone bisa digunakan secara efektif khusus untuk membaca modul atau berinteraksi dalam diskusi.

Masuk ke kelas di Edmodo–> PME Daring

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.